Friday 17 May 2013

APA PERBEDAAAN QUICK FORMAT DAN FORMAT?


Ketika kamu sedang ingin melakukan format pada flashdisk atau hardisk, kamu akan disuguhkan dengan dua pilihan format, Quick Format atau Format. Disini kamu bertanya-tanya, kenapa ada dua pilihan? Dan ketika kamu mencoba untuk melakukan format dengan Quick Format, lebih cepat dibandingkan dengan melakukan Format Biasa??
Atau ketika kamu menginstall sistem operasi Windows XP, ada juga 4 pilihan format. Seperti pada penjelasan di bawah ini:
  • Format partisi menggunakan file system NTFS (Quick)
  • Format partisi menggunakan file system FAT (Quick)
  • Format partisi menggunakan file system NTFS
  • Format partisi menggunakan file system FAT
Apa Perbedaaan Quick Format dan Format? Lebih Bagus Mana?
Selain itu apakah fungsi Quick Format sama dengan Format? Karena Quick Format lebih cepat dibandingkan Format Biasa, apakah lebih bagus dan aman? 

Apa Perbedaan Quick Format dan Format??

Apa Perbedaaan Quick Format dan Format? Lebih Bagus Mana?
Bila kamu memilih Format Biasa pada salah satu flashdisk atau drive, file akan dihapus dan flashdisk atau drive akan di periksa apakah mengalami bad sector atau tidak. Inilah yang membuat proses format biasa lebih lama dibandingkan dengan Quick Format.
Sedangkan bila kamu memilih Quick Format, format hanya akan mengapus file dari flashdisk atau drive namun tidak memeriksa adanya bad sector. Pilihan Quick Format adalah hal terbaik ketika flashdisk atau partisi sudah di Format Biasa dan tidak adanya Bad Sector.
Jika kamu tetap melakukan format dengan Quick Format dan tidak mengetahui kalau flashdisk atau partisi ada Bad Sector, maka saat kamu melakukan install atau memasukkan file pada bad sector, data akan corrup atau rusak.
Sederhananya, ketika kamu melakukan Format Biasa maka drive atau flashdisk akan seperti di hancurkan dan dibangun lagi mulai awal. Memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan dengan baik.
Ketika kamu membeli komputer baru, hardisk atau flashdisk baru tidak ada Quick Format, kamu harus melakukan Format Biasa. Ini agar hardisk atau flashdisk dapat membangun seluruh struktur file dan memastikan tidak ada bad sector. Pilihan Format Biasa akan membawa komputer kamu dalam hidup yang panjang, namun jika kamu telah memastikan dengan format biasa. Saya rasa melakukan format dengan Quick Format tidaklah masalah.
Apa Perbedaaan Quick Format dan Format? Lebih Bagus Mana?

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

 

Disclaimer

Penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan atas penggunaan artikel ini, karena ini hanya sbg pengetahuan

Followers

Site Info

free counters